Liga Fantasi Labbola


Aturan Main

Istilah

Liga 1 Indonesia 2018 – adalah kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia yang menjadi acuan dalam permainan ini

Liga Fantasi Labbola – nama resmi sistem permainan liga fantasi (fantasy league) ini

Pengguna - pemain permainan Liga Fantasi Labbola

Pemain - pemain sepak bola profesional yang berpartisipasi dalam kompetisi Liga 1 Indonesia 2018

Tim - tim virtual yang disusun oleh pengguna dalam permainan Liga Fantasi Labbola

Skuat - kesebelasan yang berisi 15 pemain pilihan pengguna dalam timnya, yang terdiri dari 11 pemain inti dan 4 cadangan

Dana - modal maya dalam permainan Liga Fantasi Labbola yang dimiliki oleh pengguna untuk melakukan transfer pemain dalam penyusunan skuat

Klub - delapan belas klub yang berpartisipasi di kompetisi Liga 1 Indonesia 2018

Pekan Pertandingan – selanjutnya akan disebut gameweek, merupakan satuan periode waktu yang berisi pertandingan-pertandingan yang melibatkan peserta Liga 1 Indonesia 2018.

Buat Tim

Untuk memulai permainan, pengguna diharuskan mendaftar di situs permainan Liga Fantasi Labbola (ligafantasi.labbola.com).

Setelah mendaftar, pengguna akan diminta untuk memasukkan data sebagai berikut:

  • Nama pengguna (username)
  • Nama tim (sesuai ketersediaan)
  • Alamat surel (E-Mail)
  • Kata kunci (Password)
  • Nomor telepon
  • Jenis kelamin
  • Tanggal lahir
  • Negara asal
  • Kota asal

Susun Skuat

Ketentuan Pemain

Pilih 15 pemain untuk dapat bermain dengan ketentuan sebagai berikut

  • 2 kiper
  • 5 bek
  • 5 gelandang
  • 3 penyerang

Konfigurasi pemain yang akan berlaku adalah 11 pemain inti dan 4 pemain cadangan

Dana transfer

Dana awal yang diberikan untuk membeli total 15 pemain adalah 100.

Kuota pemain per klub

Pemain yang dapat dipilih dari satu klub Liga 1 Indonesia adalah maksimal 3 pemain.

Atur Skuat

Memilih 11 pemain inti

11 pemain yang dapat dipilih menjadi pemain inti harus mengikuti aturan formasi dengan ketentuan: 1 kiper, minimal 3 bek, minimal 2 gelandang, dan minimal 1 penyerang.

Seluruh poin yang dihitung dalam satu gameweek merupakan poin yang dihasilkan oleh 11 pemain inti yang telah dipilih.

Aturan Pergantian Pemain

Apabila pemain yang termasuk dalam 11 pemain inti ada yang menit bermainnya 0, maka akan digantikan oleh pemain cadangan dengan posisi yang sama.

Sistem pergantian tersebut tidak berlaku apabila pengguna memainkan jumlah pemain maksimal pada masing-masing posisi.

Contoh : Apabila pengguna memainkan 5 bek dan salah satu bek tidak bermain, maka bek yang tidak bermain tidak akan digantikan oleh pemain yang berada di cadangan, karena jumlah bek maksimal telah dimainkan. Hal yang sama berlaku untuk posisi gelandang dan penyerang.

Apabila di susunan pemain cadangan terdapat lebih dari satu pemain dengan posisi yang sama, kemudian ada pemain inti dengan posisi tersebut menit bermainnya 0, maka prioritas pergantian otomatis adalah berdasarkan urutan paling awal.

Contoh : Apabila pengguna memainkan formasi 3-4-3, dan salah satu bek menit bermainnya 0, maka apabila urutan cadangan bek berada pada posisi 2 dan 3, maka bek yang akan masuk menggantikan bek inti adalah bek pada posisi 2.

Fitur Kapten

Satu orang kapten dapat dipilih dari 11 pemain inti dengan keuntungan penggandaan poin pada kapten yang dipilih.

Apabila kapten yang dipilih menit bermainnya 0, maka fitur kapten tidak dapat pindah ke pemain lain, atau berarti tidak ada pemain yang poinnya digandakan.

Simpan Skuat

Setelah menyusun skuat, pengguna harus klik tombol ‘Simpan dan Daftarkan Tim’ untuk menyimpan perubahan pada skuat yang telah pengguna buat sebelumnya.

Tenggat Waktu Pendaftaran Tim

Semua perubahan pada skuat pengguna yang meliputi 11 pemain inti, pilihan kapten, dan prioritas cadangan harus disimpan sebelum tenggat waktu tiap gameweek yang akan ditutup pada 1 jam sebelum sepak mula pertandingan pertama tiap gameweek.

Transfer Pemain

Setelah skuat awal telah tersusun, pengguna dapat melakukan transaksi jual beli pemain (transfer) di gameweek tiap berjalan.

Pengguna akan mendapatkan maksimal kuota tiga transfer bebas tiap gameweek.

Transfer bebas tiap gameweek tidak dapat diakumulasikan jika tidak digunakan.

Pengguna tidak dapat melakukan transfer lebih dari tiga kali dalam 1 gameweek.

Perhitungan Poin

Selama kompetisi Liga 1 Indonesia berlangsung, setiap pemain di permainan Liga Fantasi Labbola akan mendapatkan poin berdasarkan parameter-parameter tertentu yang mereka raih atau lakukan di pertandingan Liga 1 Indonesia nyata. Berikut tabel poin beserta batasan parameternya.

Parameter Poin
Pemain bermain antara 0-59 menit 1
Pemain bermain antara 60-90 menit 2
Gol yang dicetak oleh Kiper atau Bek 6
Gol yang dicetak oleh Gelandang 5
Gol yang dicetak oleh Penyerang 4
Setiap Assist 3
Clean Sheet (tidak kebobolan) oleh Kiper dan/atau Bek 4
Clean Sheet (tidak kebobolan) oleh Gelandang 1
Kelipatan tiga kali penyelamatan oleh Kiper dalam satu pertandingan 1
Tiap penyelamatan penalti 5
Tiap kegagalan penalti -2
Setiap dua kali kebobolan yang diderita oleh Kiper dan/atau Bek -1
Setiap pemain yang mendapat kartu kuning -1
Setiap pemain yang mendapat kartu merah -2
Setiap gol bunuh diri -2

Clean Sheet (Tidak Kebobolan)

Clean sheet diberikan kepada Kiper, Bek, dan/atau Gelandang yang tidak kebobolan selama bermain dengan minimal menit bermain sebanyak 60 menit.

Kartu Merah

Jika ada pemain menerima kartu merah, pemain tersebut tetap akan mengalami pengurangan poin setiap kali timnya kebobolan, meski pemain tersebut sudah dihukum kartu merah oleh wasit.

Pengurangan poin dari pengusiran yang diakibatkan oleh kartu kuning kedua akan dihitung dua kali kuning dan satu kartu merah, sedangkan pengusiran yang diakibatkan oleh kartu kuning dan kartu merah langsung akan dihitung satu kali kartu kuning dan satu kartu merah.

Assist

Assist diberikan kepada pemain yang timnya mencetak gol, khususnya pemain yang memberikan operan atau sentuhan terakhir sebelum sentuhan yang berujung gol oleh rekan setimnya, baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Apabila pemain lawan menyentuh bola setelah operan terakhir yang mengubah arah bola secara signifikan, maka tidak ada assist yang diberikan kepada pemberi operan terakhir tersebut.

Tendangan Bebas & Penalti

Pemain yang dilanggar, lalu kemudian bola mati (tendangan bebas dan penalti) dieksekusi secara langsung menjadi gol oleh rekan timnya, maka pemain yang dilanggar tersebut dihitung assist.

Apabila pemain yang dilanggar, kemudian mengeksekusi tendangan bebas atau penalti sendiri dan langsung menjadi gol, maka tidak ada assist yang diberikan.

Bola Pantulan (Rebound)

Apabila upaya tembakan seorang pemain berhasil diblok oleh pemain lawan, kiper lawan, atau mengenai tiang/mistar gawang, dan gol dicetak langsung setelah itu, maka assist diberikan kepada pemain yang mengupayakan tembakan sebelumnya.

Gol Bunuh Diri

Apabila tembakan atau operan menyebabkan pemain lawan mencetak gol bunuh diri, maka assist diberikan kepada yang melakukan tembakan atau pemberi operan.

Keputusan Final

Poin assist yang diberikan semua bersumber pada keputusan dari tim independen Liga Fantasi Labbola. Semua keputusan akan dipastikan kembali keabsahannya setelah pertandingan terakhir tiap harinnya. Semua keputusan yang keluar tidak dapat diperdebatkan kembali setelah dipastikan kembali oleh tim independen.

Liga

Setelah mengatur skuat, pengguna akan secara otomatis terdaftar di Liga Global yang berisikan seluruh peserta Liga Fantasi Labbola.

Pengguna dapat membuat satu liga privat, yang secara otomatis akan mengikutsertakan pengguna tersebut di dalam liga privat yang ia buat. Satu pengguna hanya dapat membuat dan mengelola satu liga privat.

Pengguna juga dapat bergabung dengan maksimal 5 liga privat untuk berkompetisi dengan pengguna lainnya.

Fitur Liga

Liga Privat

Dalam liga privat, pengguna dapat bersaing dengan pengguna lainnya dalam kelompok kecil. Hanya perlu membuat liga privat dan cukup mengirim kode unik yang disusun oleh sistem, yang kemudian dibagikan kepada pengguna lain.

Tidak ada jumlah maksimal tim yang dapat berpartisipasi dalam satu liga privat.

Liga Global

Pengguna secara otomatis terdaftar dalam liga global yang berisi seluruh pengguna Liga Fantasi Labbola.

Perhitungan Poin

Penentuan posisi di Liga ditentukan berdasarkan total poin yang didapatkan dari permainan Liga Fantasi Labbola. Apabila terdapat poin yang sama, maka prioritas peringkat akan ditentukan berdasarkan:

  1. Perolehan poin di pekan berjalan. Peringkat yang lebih tinggi akan diberikan kepada pengguna yang memperoleh poin lebih tinggi di pekan berjalan.
  2. Waktu klik tombol ‘Simpan Skuat’. Peringkat yang lebih tinggi akan diberikan kepada pengguna yang klik tombol ‘Simpan Skuat’ lebih awal dengan selisih waktu lebih lama dengan waktu deadline per pekan.
  3. Rata-rata waktu klik tombol ‘Simpan Skuat’. Untuk mengantisipasi kasus poin sama di Liga Global pada akhir musim, maka peringkat yang lebih tinggi akan diberikan kepada pengguna dengan angka rata-rata waktu klik tombol ‘Simpan Skuat’ per pekan yang lebih besar.

Terms & Conditions (Syarat & Ketentuan)

Liga Fantasi Labbola

 

Permainan Liga Fantasi Labbola adalah milik PT. Labbola Sport International, dengan menggunakan data yang juga disediakan oleh PT. Labbola Sport International. Merek “Liga Fantasi Labbola” adalah hak penamaan yang dimiliki oleh PT. Labbola Sport International terhadap permainan yang mengacu pada kompetisi Liga 1 2018.

Hal-hal terkait hak penggunaan nama klub, nama pemain, image rights, video bank serta penggunaan segala bentuk data olahan dalam permainan ini adalah sebagai bagian dari penyelenggaraan kompetisi Liga 1 2018 yang dengan demikian adalah milik dari PT. Labbola Sport International.

Dengan mendaftarkan diri dan berpartisipasi dalam permainan Liga Fantasi Labbola yang diatur oleh Syarat dan Ketentuan ini, serta yang mengacu pada Aturan Main yang berlaku, Anda dianggap menyetujui syarat dan ketentuan berikut, yang berlaku dan mengikat.

 

Pengajuan Keikutsertaan dan Pendaftaran

  1. Setiap pengajuan keikutsertaan untuk berpartisipasi dalam permainan Liga Fantasi Labbola harus dilakukan secara dalam-jaringan (daring) di situs http://ligafantasi.labbola.com dan dengan mengikuti instruksi yang diberlakukan. Pengajuan keikutsertaan dengan cara lain tidak akan diterima dan tidak akan dianggap sah. Ketika pengajuan keikutsertaan Anda telah diterima dan disahkan, anda kemudian akan disebut sebagai ‘Pengguna’ dalam jabaran Syarat dan Ketentuan kedepannya.
  1. Hak bermain permainan Liga Fantasi Labbola melalui situs http://ligafantasi.labbola.com adalah terbuka baik bagi Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing. Karyawan dari PT. Labbola Sport International tidak berhak memenangkan hadiah. Jika terjadi kasus tersebut, maka hak menerima hadiah diberikan kepada Pengguna di bawahnya.
  1. Hak bermain setiap pengguna tidak dapat diberikan kepada agen atau pihak ketiga lainnya. PT. Labbola Sport International tidak bertanggung jawab atas kehilangan, keterlambatan, atau kekurangan dalam permainan yang dialami oleh Pengguna yang memberikan hak bermainnya kepada agen atau pihak ketiga lainnya, dengan alasan apapun. Setiap perubahan yang berakibat kehilangan, keterlambatan, atau kekurangan dalam permainan yang diakibatkan oleh pemberian hak bermain kepada agen atau pihak ketiga lainnya akan dianggap sah.
  1. Tidak ada batas pengajuan keikutsertaan. Liga Fantasi Labbola akan mengumumkan tenggat waktu pendaftaran tim di tiap pekan berjalan untuk dapat terdaftar dan mendapatkan poin dari setiap pertandingan Liga 1 2018. Segala bentuk informasi terkait kapan dan bagaimana tata cara keikutsertaan dalam permainan Liga Fantasi Labbola merupakan bagian yang menyusun syarat dan ketentuan ini.
  1. Labbola Sport International berhak menonaktifkan atau menghapus tim yang dengan nama yang kurang pantas atau memiliki sifat ofensif. Dengan mengacu pada situasi yang terjadi, akun dan hak bermain Pengguna dengan nama tersebut akan dihapus tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Keputusan yang dikeluarkan dan diberlakukan oleh PT. Labbola Sport International bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
  1. Setiap informasi yang bersifat pribadi dan rahasia, yang diajukan dalam proses pendaftaran akan dilindungi oleh PT. Labbola Sport International dengan mengacu pada kebijakan pribadi dan kerahasiaan yang diberlakukan, juga pada hukum positif yang berlaku di Republik Indonesia. PT. Labbola Sport International tidak akan membuka informasi tersebut, kecuali jika dibutuhkan oleh otoritas yang kompeten atau pengadilan di wilayah yurisdiksi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Aturan Main

  1. Permainan Liga Fantasi Labbola memberlakukan Aturan Main yang dipublikasikan di situs http://ligafantasi.labbola.com. PT. Labbola Sport International berhak untuk mengubah, menyunting atau memberlakukan aturan baru dalam Aturan Main selama permainan berlangsung tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu, yang mungkin saja pembaharuan tersebut berkaitan dengan kejadian-kejadian tertentu di luar ketentuan yang berlaku sebelumnya.
  1. Seluruh keputusan dan perubahan yang diberlakukan terhadap Aturan Main, konten, moda permainan dan permainan Liga Fantasi Labbola itu sendiri adalah hak mutlak dari PT. Labbola Sport International.

Hadiah dan Penghargaan

--TBC—

Pengguna berusia di bawah 15 tahun

  1. Jika Anda masih berusia di bawah 15 tahun, Anda dapat ikut serta dalam permainan Liga Fantasi Labbola, namun Anda disarankan untuk membaca Syarat dan Ketentuan ini secara seksama, dan pastikan bahwa orang tua atau wali Anda juga memahami substansi Syarat dan Ketentuan ini, sebelum Anda mengajukan pengajuan keikutsertaan.
  1. Jika Anda memenangkan hadiah pada periode tertentu dan masih berusia di bawah 15 tahun tanpa memiliki kartu identitas yang sah, Anda diharuskan membawa serta orang tua/ wali Anda untuk memastikan dan memberi konfirmasi bahwa Anda lah pemenang yang sah.


Tanggung Jawab dan Penyelesaian Masalah

  1. Cakupan tanggung jawab dari PT. Labbola Sport International kepada Anda sebagai pengguna dijelaskan dalam konteks berikut:
  • Permainan ini tidak akan dipungut biaya sama sekali
  • Anda bertanggung jawab atas setiap tindakan yang anda lakukan atau yang tidak anda terima terkait hasil permainan dan informasi terkait yang ada di dalamnya.
  • Anda bertanggung jawab dalam memastikan bahwa peralatan yang anda gunakan memiliki perangkat lunak anti-virus yang up-to-date.
  1. Labbola Sport International akan berupaya untuk memastikan bahwa permainan Liga Fantasi Labbola dapat anda gunakan dan dapat diakses setiap saat, dan konten di dalamnya adalah benar dan akurat. Kendati demikian, hal tersebut tidak dinaungi komitmen hukum kepada Anda. Tentunya, PT. Labbola Sport International akan memastikan kualitas layanan sebaik mungkin kepada Anda melalui permainan Liga Fantasi Labbola.
  1. Labbola Sport International tidak berkewajiban kepada anda terhadap segala jenis kerugian yang mungkin Anda alami dalam keikutsertaan anda di permainan Liga Fantasi Labbola